Gizi Seimbang Membangun Bangsa yang Sehat dan Berpretasi


Blogsmagar. Peringatan hari bahasa ibu internasional, Jumat, 21/2 di SMAN 1 Garawangi diisi dengan lomba esai bahasa Sunda. Pelaksanaan kegiatan tersebut  dilaksanakan sebelumnya pada Jumat, 24/1 bersamaan dengan peringatan hari gizi nasional. Selain lomba esai, dimeriahkan pula dengan bazar makanan dan minuman.

Kepala sekolah, Drs. H. Rukadi, M.Pd. melalui tubid kesiswaan, E. Qusyairi, M.Pd.I. mengapresiasi kegiatan. 
"Kita harus menjaga kesehatan dengan pola makan yang teratur dan mengonsumsi makanan/minuman yang bergizi. Kita juga harus bisa menggunakan bahasa ibu  sesuai dengan undak usuk, situasi, dan kondisi agar basa Sunda tidak punah ", ujar Qusyairi.

Berdasarkan pantauan redaksi, bazar makanan dan minuman sangat diminati oleh warga sekolah. Tak lebih dari dua jam, makanan dan minuman yang dibandrol dengan harga tiga sampai lima ribu tersebut habis terjual. 

Berdasarkan rasa dan kemasan makanan,  dimenangkan XI MIPA dengan olahan getuk manisnya. Kedua, XI IPS dengan olahan sempol tahu yang pedas menggugah selera. Ketiga, X IPA 2 es semosih yang menyegarkan.

Menurut Rega Maulana, yang kelasnya meraih juara pertama bazar makanan mengatakan tidak sia-sia membuat getuk dari pagi dan hasilya laku keras. "Kita belajar bagaimana memanage dana yang ada dan mengelolanya menjadi makanan tradisional yang rasanya enak dan kemasannya menarik pembeli", ujarnya.

Untuk lomba esai basa Sunda dimenangkan oleh Eva Elpiana, kelas XI IPS 2. Kedua, Haris Mahmudin, kelas XI IPS 4. Ketiga, Isna Fadilah, kelas X IPS 1.

Salah satu juri, Yulia Margana, S.Pd. berharap agar kegiatan literasi di sekolah makin meningkat dan berkualitas dengan terbiasanya siswa menulis. 
(Red-Hana)

Comments

Popular Posts